SEKILAS INFO
: - Sunday, 26-01-2020
  • 14 jam yang lalu / PPDB SMP Negeri 1 Kandangan akan dibuka sejak Februari hingga Juni 2020 selama hari kerja di Ruang Tata Administrasi
  • 1 bulan yang lalu / Pembagian rapor dilaksanakan jumat, 20 Desember 2019 di Aula SMP Negeri 1 Kandangan
  • 1 bulan yang lalu / Sosialisasi dan MoU Sekolah Siaga Kependudukan (SSK), 4 Desember 2019
SMPN 1 Kandangan wakil Kalsel Ajang LSS Nasional Tahun 2019

Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), mewakili Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mengikuti Lomba Sekolah Sehat (LSS) di tingkat Nasional Tahun 2019.

Kepala SMPN 1 Kandangan Rosalina, di Kandangan, Jum’at (2/8), mengatakan SMPN 1 Kandangan pada tahun 2017 mengikuti kegiatan lomba sekolah sehat tingkat kabupaten, yang dilanjutkan pada tahun 2018 ditingkat provinsi, dan tahun 2019 kami kembali menjadi nominasi sekolah sehat tingkat nasional.

“Semoga dengan mengikuti lomba sekolah sehat tingkat nasional, pembelajaran yang kami dapatkan di sana utamanya pada perubahan perilaku hidup sehat dan bersih di sekolah maupun di rumah, SMPN 1 Kandangan nanti juga akan menjadi agen pembelajaran bagi sekolah-sekolah lain yang ada di Kabupaten HSS” katanya,

Dijelaskan dia, inovasi yang dilakukan dalam lomba sekolah sehat tingkat nasional adalah adanya kelompok remaja sehat, setiap satu bulan sekali dilaksanakan program bagi siswa siswi SMP Negeri 1 Kandangan diantaranya penimbangan dan pengukuran berat badan, tinggi badan serta lingkar lengan, penyuluhan dan konseling mengenai siswa-siswi, kalau ada permasalahan berhubungan dengan obesitas dan juga stunting.

Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, mengatakan ini tentunya menjadi kebanggaan dan kebahagiaan karena SMPN 1 Kandangan ini terpilih sebagai wakil HSS sekaligus Kalsel dalam penilaian lomba sekolah sehat tingkat nasional.

Atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS, ia memberikan penghargaan dan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada kepala sekolah dan seluruh jajaran dewan guru di sekolah, yang bekerja secara optimal dalam mewujudkan sekolah ini sebagai sekolah sehat di Kabupaten HSS.

“Diharapkan juga apa yang ada sekarang, bisa terus dikembangkan dan ditingkatkan tidak semata pada saat adanya penilaian lomba semata, akan tetapi secara terus menerus sehingga anak didik kita akan merasakan manfaat dari sekolah sehat ini,” katanya, saat menyampaikan sambutan Bupati HSS H Achmad Fikry.

Ketua Tim LSS Kemendikbud RI Zulkarnaen Haryo Nugroho, mengatakan tujuan tim tentunya ditugaskan untuk melakukan penilaian LSS di tingkat nasional pada tahun 2019 ini, di mana SMPN 1 Kandangan sudah masuk nominasi provinsi sudah menang di provinsi, dan menjadi nominasi 25 besar SMP se Indonesia.

Dijelaskan dia, karena namanya lomba yang ada menang ada kalah, sebagaimana yang sudah disampaikan oleh Wakil Bupati HSS juga kemarin bahwa lomba ini adalah tujuan antara intinya, bagaimana bisa menciptakan siswa melalui pembinaan dan pengembangan UKS siswa, yang memiliki paradigma sehat memiliki perilaku hidup bersih dan sehat dan juga bisa menjadi agen pembelajar bagi lingkungan di sekitarnya.

“Untuk rekap dari lomba sekolah sehat (LSS) Tahun 2019 ada total 25 provinsi, dari 25 provinsi ada 90 kabupaten kota, dari 90 kabupaten kota itu ada sekitar 94 sekolah yang terdapat 25 SMP, salah satunya SMPN 1 Kandangan,” katanya, di sela kegiatan verifikasi penilaian lomba LSS.

“Untuk rekap dari lomba sekolah sehat (LSS) Tahun 2019 ada total 25 provinsi, dari 25 provinsi ada 90 kabupaten kota, dari 90 kabupaten kota itu ada sekitar 94 sekolah yang terdapat 25 SMP, salah satunya SMPN 1 Kandangan,” katanya, di sela kegiatan verifikasi penilaian lomba LSS.

sumber: kalsel.antaranews.com

TINGGALKAN KOMENTAR